Jokowi Bertemu PM China Li Keqiang, Fokus Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China (Premier)Li Keqiang. Pertemuan dilaksanakan di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/07/2022). Adapun pertemuan tersebut merupakan agenda pertama Presiden dalam kunjungan kerjanya di RRT.

Dikutip dari , setibanya Jokowi disana langsung disambut oleh Premier Li dan kemudian bersua foto. Jokowi dalam sambutannya menyebut China adalah mitra stategis Indonesia. Pertemuan antara kedua negara ini membahas sejumlah kerjasama pada sejumlah bidang.

Diantaranya perdagangan, investasi, infrastruktur hingga bidang maritim. “Dalam pertemuan dengan Premier Li saya berharap kita dapat membahas berbagai kerja kerja sama khususnya di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, keuangan, pendanaan, serta maritim,” ucap Jokowi, dikutip dari laman Sekertariat Kabinet RI , Selasa (26/7/2022). Presiden menambahkan, nilai perdagangan antara Indonesia dan China terus meningkat.

Tak tanggung tanggung, peningkatan tersebut bahkan sudah melampaui 100 miliar dolar AS. Sehingga, Jokowi berharap agar kerjasama Indonesia dengan China terus berlanjut. "Peluang untuk meningkatkan angka perdagangan sangat besar," kata Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut pihak China menyampaikan komitmen untuk menambah impor CPO 1 juta ton dari Indonesia. Selain itu, China juga memprioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia. Kedua pemimpin juga bahas kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Jokowi ke Beijing merupakan kunjungan pertama pemimpin dunia setelah Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada awal 2022. Dalam pertemuan ini kata Menlu Retno berfokus pada kerja sama peningkatan di bidang ekonomi. "Fokus utama pertemuan kedua pemimpin adalah meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan,” kata Menlu Retno Marsudi.

Jokowi dalam pertemuan ini didampingi sejumlah jajarannya. Yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ada juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar RI Beijing Djauhari.

Dalam kunjungan kerja di RRT Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, Selasa (26/07/2022). Adapun pertemuan dilaksanakan di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing. Dalam sambutan pengantarnya, Presiden Xi mengucapkan selamat datang dan menyampaikan kegembiraannya dapat bertemu dengan Jokowi.

“Yang Mulia adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak Tiongkok setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak,” ucap Presiden Xi dikutip dari Sekertariat Kabinet RI , Selasa (26/7/2022). Jokowi dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat kepada dirinya dan delegasi Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.