Tren 4 Kali Survei SMRC Selama 1 Tahun: Pemilih Jokowi Cenderung Pilih Ganjar Pranowo

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani mengatakan pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 cenderung memilih Ganjar Pranowo untuk didukung pada Pilpres 2024. Hal tersebut, kata dia, berdasarkan tren survei SMRC yang dilakukan sebanyak empat kali dalam kurun satu tahun ke belakang. "Pemilih yang memilih Pak Jokowi Ma'ruf Amin pada 2019 trennya adalah cenderung memilih Ganjar Pranowo."

"Dari empat kali survei ini, kurang lebih dalam kurun waktu satu tahun, Mei 2021 dan Maret 2022, trennya adalah selalu unggul," ujarSaiful dalam tayangan Bedah Politik bersama Saiful Mujani bertajuk Capres Mana Menarik Pemilih Jokowi? di kanal Youtube SMRC TV pada Jumat (3/6/2022). Masih berdasarkan tren survei tersebut, pemilih Jokowi Ma'ruf Amin juga cenderung memilih ke dua tokoh lain yang digadang gadang akan maju dalam Pilpres 2024 lainnya. Pada peringkat kedua, kata dia, Prabowo Subianto, dan peringkat ketiga Anies Baswedan.

Namun demikian, kata dia, saat ini "peperangan" terjadi antara Ganjar dan Prabowo. "Sekarang peperangan terjadi antar Prabowo sama Ganjar. Prabowo antara Desember (2021) sampai Maret (2022) itu mengalami kenaikan 4 % dan Ganjar turun sekitar 4 % . Jadi perang di situ," kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.